Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

kebun binatang serdang bedagai, Rahmat Zoo & Park Perbaungan Sergai

 


Bengabing adalah desa di kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Indonesia.

Hai hai semua selamat liburan, kali ini kita akan kenalkan ini salah satu object wisata di kota serdang bedagai, mungkin belum banyak yang tahu tentang Rahmat Zoo & Park yang merupakan kebun binatang pertama di sekitar Perbaungan, Serdang Bedagai. Tepatnya di Desa Bengabing.


Rahmat Zoo & Park ialah tempat pemeliharaan atau taman hewan dengan ukuran luas 20 hektar. Secara potensi, ruang konservasi ini digadang-gadang bisa lebih hebat dari Siantar Zoo. Kelebihan yang dimiliki itu meliputi jumlah koleksi dan fasilitas.

Kendati kebun binatang di Perbaungan yang berada di kawasan perkebunan sawit ini terus dipercantik. Pengelola masih mematok biaya masuk yang terjangkau. Pun, perjalanan ke lokasi mudah digapai dari berbagai arah.

Sejarah Rahmat Zoo & Park

R Zoo Park & Zoo dibangun atas prakarsa dan ide dari Dr H. Rahmat Shah, aktivitis lingkungan dan pengusaha di bidang pariwisata. Adapun tujuan beliau mendirikan taman tersebut adalah untuk melestarikan satwa langka endemik Indonesia.

Melalui PT Fajar Agung, proses pembangunan R Zoo & Park sebenarnya sudah berlangsung semenjak tahun 2017. Namun, sampai sekarang area konservasi itu masih terus dikembangkan secara bertahap. Agar, nanti sama bagusnya dan sejajar dengan kebun-kebun binatang terbaik di nusantara Indonesia.

Sejauh ini, PT Fajar Agung sendiri telah mengelola beberapa destinasi konservasi hewan dan edukasi yang cukup terkenal di Sumatera Utara.

Rute dan Alamat Rahmat Zoo & Park

Kebun binatang di Perbaungan ini berlokasi di Desa Bengabing, Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut 20988 (google map) dengan jam buka mulai pukul 08.00 - 17.00 setiap hari (senin-minggu).

Jika mengambil rute dari Medan, akan lebih baik menggunakan sarana jalan tol Amplas Medan - Tanjung Morawa - KNO - Perbaungan dan keluar di Jalan Besar Pasar Bengkel. Di simpang empat Jati Mulyo, kemudikan kendaraan ke jalan besar hingga melewati SMP Negeri 1 Pegajahan.

Waktu tempuh ke Desa Bengabing kalau menggunakan sarana tol sekitar 1 jam 4 menit dengan panjang lintasan 54,1 km. Perlu diperhatikan, jalan ke sana masih kurang layak namun sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Tiket Masuk Rahmat Zoo & Park

Biaya masuk ke dalam taman hewan ini tidak disesuaikan dengan usia pengunjung. Anak-anak dengan tinggi lebih dari 102 cm dan dewasa hanya dikutip tiket sebesar Rp15.000,-. Tarif tersebut berlaku setiap hari. Sedangkan untuk pengunjung balita digratiskan.

Fasilitas dan Wahana di Rahmat Zoo & Park

Mengeksplorasi wahana di Rahmat Zoo & Park pasti menyenangkan walau destinasi ini belum rampung 100%. Tiap spot wisata di destinasi Pegajahan ini menyuguhkan atraksi edukatif juga menawan.

Untuk fasilitas umum seperti lapangan parkir, mushola dan toilet sudah ada. Tapi, untuk makanan dan minuman ada akan tetapi terbatas, jadi sebelum berkunjung ke sana silakan membawa bekal.

1. Zona Hewan

Mengelilingi taman ini bisa dilakukan satu hari penuh. Disebutkan, ada 364 jenis satwa endemik khas Indonesia dengan jumlah spesies mencapai 83 yang tinggal dan hidup di taman hewan perbaungan ini.Satwa tersebut tinggal di zona terpisah sesuai dengan klasifikasi hewan itu sendiri yakni ordo karnivora, mamalia, genus panthera, leo, filum chordata dan kingdom animalia.Yang lebih menarik dari itu semua, pengunjung dapat berinteraksi dengan ular jinak di sana.

2. Child Zoo

Pada dasarnya, kebun binatang dan taman ini dirancang dengan konsep child zoo yang ramah untuk anak-anak. Untuk memantapkan tujuan tersebut, maka banyak sekali sarana permainan khusus untuk anak anak yang sudah disediakan.

3. Zona Foto

Tak ketinggalan zona foto yang dibuat menarik dan sesuai dengan tren instagramable yang bisa dibuat latar untuk kenang-kenangan sebagai bukti telah pernah mengunjungi kebun binatang di Perbaungan. Diantaranya adalah payung terbang, rumah kelinci, lorong jalan dan masih banyak yang bisa dieksplor lebih.

Jangan lupa untuk tetap mengawasi gerak-gerik anak-anak ketika di sana. Pun, jaga kebersihan selama berkunjung dan jangan memberikan makanan sembarangan ke hewan tanpa izin dari pengelola.

Rahmat Zoo & Park atau yang juga populer dengan nama kebun binatang Perbaungan tidak hanya bisa untuk sarana berlibur tetapi juga sarana berlibur. Maka dari itu, perlu bikin agenda kunjungan ke sana.

Post a Comment for "kebun binatang serdang bedagai, Rahmat Zoo & Park Perbaungan Sergai"