Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Banjir Serdang Bedagai tidak kunjung usai, Gubernur dan Kapolda Sumatera utara tinjau langsung

Bapak Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya mengutarakan bahwa masyarakat khususnya yang terdampak banjir sudah mendapatkan bantuan bahan kebutuhan pokok.

Sehingga bantuan tersebut berupa beras, mie instan dan lainnya tidak lagi dibutuhkan warga. Justru langkah kongkrit penanganan banjir adalah hal yang paling dibutuhkan warga agar banjir tidak kembali terulang.

Hal ini diungkapkan Bupati, dihadapan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, Kasdam Bukit Barisan Brigjend TNI Purwito Hadi Whardono dan Kasatker Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Jintho Lumbanbatu saat melihat kondisi pengungsi korban banjir di bantaran sungai belutu ( sungai Sei Rampah di Desa Sei Rampah ) , Kecamatan Sei Rampah, Kamis (18/11/2021).

Bupati Darma Wijaya menjelaskan bahwa tahun ini Serdang Bedagai melakukan pengerukan sedimen atau pendangkalan Sungai Sei Rampah sepanjang 1,5 kilometer.

“Namun langkah itu masih sangat kurang untuk mengatasi banjir, karena terjadi sedimen sungai dan penyempitan sungai sepanjang 33 kilometer dari hulu ke hilirnya,” ujarnya lagi.

Selain itu, kata Darma Wijaya, banjir di tahun ini tergolong cukup parah karena mirip banjir seperti 20 tahun lalu. Banjir juga diperparah karena naiknya air laut (banjir rob) sehingga aliran air tidak lancar.

“Ini kejadian terparah yg terulang kembali setelah 20 tahun yang lalu. Laut tidak lagi bisa menampung sehingga aliran air tertahan di Kecamatan Tanjung Beringin dan meluap ke pemukiman warga, diperparah dengan intensitas curah hujan yang tinggi,”.


Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya pun meyakini bahwa masalah ganti rugi lahan untuk memperlebar dan mempertinggi tanggul sungai akan dapat diselesaikan dengan segera mungkin, agar normalisasi sungai dan planing pengerjaan Sungai Sei Rampah dapat segera berjalan dan rampung.

“Persoalan ganti rugi lahan akan kami selesaikan. Karena memang rakyat menginginkan itu dan ia yakin itu segera selesai,”tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi menjelaskan bahwa pengerjaan akan dilakukan tahun depan. Sedimen sungai dan normalisasi akan mulai dikerjakan tahun depan.

“Tahun lalu saya datang kemari juga banjir. Saya setuju kata Bupati. Banjir bukan jadi tempat tontonan. Kalau kita hadir nonton bawa mie instan, bawa beras itu gak selesaikan masalah. Kita akan segera selesaikan masalah ini,”tegasnya.

    Bapak H Edy Rahmayadi meminta agar Bupati Sergai segera menyelesaikan masalah ganti rugi lahan sehingga pengerjaan dapat segera dilakukan.

“Pak Bupati sudah mengatakan tentang ganti rugi lahan. Usai surut kita langsung kerja. Saya minta diselesaikan persoalan ini. Kasihan petani terganggu, kasihan orang kerja juga terganggu. Saya minta semua pihak berkoordinasi dengan ketat, setelah itu laporkan kepada saya,” kata Edy.

Sementara itu, Kasatker Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Jintho Lumbanbatu mengatakan pihaknya sudah mendesain dari hulu hingga ke hilir.

“Larap dan Amdal sudah ada. Ini sudah di programkan. Masalahnya selama ini ganti rugi lahan. Tahun depan ada perbaikan tapi spot per spot. Sedimentasi dan pelebaran sungai tahun depan akan kami kerjakan,” ujarnya.

Lanjutnya, sesuai dengan desain, penanganan akan dilakukan dengan cara meninggikan tanggul hingga dua meter dengan mendatangkan tanah timbun dari luar.

“Tanah timbunan yang didatangkan. Bukan tanah kerukan yang didatangkan. Konstruksi sudah disiapkan Kementerian. Kalau gak ditinggikan tanggul masih akan banjir. Sesuai dengan desain kita tanggul ditinggikan banjir tidak ada lagi,”paparnya.

“Kita yakin setelah permasalahan ganti rugi lahan selesai kita akan segera mulai pengerjaan,”imbuh Jintho Lumbanbatu.

Usai menyapa pengungsi di posko pengungsian bantaran sungai Belutu atau sungai Sei Rampah, Gubernur dan rombongan bertolak ke Polres Serdang Bedagai untuk melihat kondisi banjir menggunakan Helikopter P-3203.

Bersama Gubernur, Kapolda, BWS, dan Kasdam, Bupati Sergai Darma Wijaya meninjau banjir dari atas sehingga penanganan dapat dilakukan secara menyeluruh.


Sc : indahsuaranews.co

Post a Comment for "Banjir Serdang Bedagai tidak kunjung usai, Gubernur dan Kapolda Sumatera utara tinjau langsung "